PROBLEMATIKA PENDIDIKAN DI INDONESIA Vers. Unswagati

¿Deje un comentario? Estas en MAKALAH ¿Editar entrada?
PROBLEMATIKA PENDIDIKAN DI INDONESIA

MAKALAH

Ditujukan kepada :

H.IIN WARIIN B, Drs.,M.Pd

Kelas: 1.L

Disusun oleh :

-          Moh. Haris      (110070286)

-          Aang Anggraeni (110070246)

-          Fatimah Al Munawaroh(110070272)

-          DENIS DIAN SARI (110070274)

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI

2010/2011


PROBLEMATIKA PENDIDIKAN DI INDONESIA
Pengertian
Pendidikan adalah suatu usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik agar berperan aktif dan positif dalam hidupnya sekarang dan yang akan datang, dan pendidikan nasional Indonesia adalah pendidikan yang berakar pada pencapaian tujuan pembangunan nasional Indonesia. Jenis pendidikan adalah pendidikan yang dikelompokan sesuai dengan sifat dan kekhususan tujuannya dan program yang termasuk jalur pendidikan sekolah terdiri atas pendidikan umum, Pendidikan keturunan dan pendidikan lainnya. Serta upaya pembaharuannya meliputi landasan yuridis, Kurikulum dan perangkat penunjangnya, struktur pendidikan dan tenaga kependidikan.
Tujuan
Berangkat dari definisi di atas maka dapat difahami bahwa secara formal sistem pendidikan indonesia diarahkan pada tercapainya cita-cita pendidikan yang ideal dalam rangka mewujudkan peradaban bangsa Indonesia yang bermartabat. Namun demikian, sesungguhnya sistem pendidikan indonesia saat ini tengah berjalan di atas rel kehidupan ‘sekulerisme’ yaitu suatu pandangan hidup yang memisahkan peranan agama dalam pengaturan urusan-urusan kehidupan secara menyeluruh, termasuk dalam penyelenggaran sistem pendidikan.
CABANG-CABANG PROBLEMATIKA PENDIDIKAN
Dalam memetakan masalah pendidikan maka perlu diperhatikan realitas pendidikan itu sendiri yaitu pendidikan sebagai sebuah subsistem yang sekaligus juga merupakan suatu sistem yang kompleks.
1. Permasalahan Pendidikan Sebagai Suatu Sub-Sistem
Sebagai salah satu sub-sistem di dalam sistem negara/ pemerintahan, maka keterkaitan pendidikan dengan sub-sistem lainnya diantaranya ditunjukan sebagai berikut:
Pertama, berlangsungnya sistem ekonomi kapitalis di tengah-tengah kehidupan telah membentuk paradigma pemerintah terhadap penyelenggaraan
Kedua, berlangsungnya kehidupan sosial yang berlandasakan sekulerisme telah menyuburkan paradigma hedonisme (hura-hura), permisivisme (serba boleh), materialistik (money oriented), dan lainnya di dalam kehidupan masyarakat
Ketiga, berlangsungnya kehidupan politik yang oportunistik telah membentuk karakter politikus machiavelis (melakukan segala cara demi mendapatkan keuntungan) di kalangan eksekutif dan legislatif termasuk dalam perumusan kebijakan pendidikan indonesia.
2.  Permasalahan Pendidikan Sebagai Sebuah Sistem Kompleks
Dalam kaitan pendidikan sebagai suatu sistem, maka permasalahan pendidikan yang saat ini tengah berkembang diantaranya :
   2.1  Pemerataan Pendidikan
   Dalam hal ini mamiliki cabang kembali diantaranya:
2.1.1. Keterbatasan Aksesibilitas dan Daya Tampung
2.1.2. Kerusakan Sarana/ Prasarana Ruang Kelas

            2.2 Pengelolaan dan Efisiensi
            Dalam hal ini mamiliki cabang kembali diantaranya: 
2.2.1. Kinerja dan Kesejahteraan Guru Belum Optimal
2.2.2  Proses Pembelajaran Yang Konvensional
2.2.3. Jumlah dan Kualitas Buku Yang Belum Memadai
2.2.4. Penyelenggaraan Otonomi Pendidikan
2.2.5 Keterbatasan Anggaran
2.2.6 Mutu SDM Pengelola Pendidikan
2.3 Relevansi pendidikan
2.3.1. Belum Menghasilkan Life Skill Yang Sesuai
2.3.2. Pendidikan Yang Belum Berbasis Pada Masyarakat dan Potensi                             Daerah
3.1. kesimkpulan
Oleh karenanya penyelesaian masalah mendasar tentu harus dilakukan secara fundamental. Penyelesaian itu hanya dapat diwujudkan dengan melakukan perombakan secara menyeluruh yang diawali dari perubahan paradigma pendidikan sekular menjadi paradigma Islam. Salah satu bentuk nyata dari solusi mendasar itu adalah mengubah total UU Sistem Pendidikan yang ada dengan cara menggantinya dengan UU Sistem Pendidikan (Syari’ah) Islam. Jadi, Hal paling mendasar yang wajib diubah tentunya adalah asas sistem pendidikan. Sebab asas sistem pendidikan itulah yang menentukan hal-hal paling prinsipil dalam sistem pendidikan, seperti tujuan pendidikan dan struktur kurikulum.
Daftar Pustaka
http://ilmuharis.blogspot.com/2011/05/problematika-pendidikan-di-indonesia.html#more
« Anterior
 
Siguiente »
 

0 komentar:

¿Deje un comentario? / PROBLEMATIKA PENDIDIKAN DI INDONESIA Vers. Unswagati

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...